Stress

Stress

Bekerja sebagai desainer grafis tidak hanya dituntut untuk memiliki daya imajinasi dan kreatifitas yang tinggi, tapi juga kesabaran. Kebanyakan klien datang kepada desainer grafis dengan pertimbangan estetika-nya masing-masing, dan dengan apresiasi desain yang sangat rendah. Mereka membutuhkan desainer hanya karena mereka tidak menguasai software grafis. Beberapa bahkan mencoba sendiri membuat desain dengan aplikasi seperti powerpoint, publisher, bahkan microsoft word. Bukti nyata bahwa banyak sekali orang di luar dari industri ini menganggap desain grafis hanya sebagai “grafis” dan bukan “desain”.

Kenyataan diatas mengusik saya untuk berbagi sedikit pengalaman unik ketika berhadapan dengan klien dan orang yang awam desain grafis. Tugas desainer grafis untuk mensosialisaikan bagaimana sebenarnya desain grafis agar bidang ini mendapat apresiasi yang lebih baik di kemudian hari.

Revisi Desain Kartu Nama
Client : “Desainnya sih sudah bagus, tapi alamatnya bisa dibesarkan sedikit ya..terus nomor telfonnya..sama emailnya juga..”
Saya : membesarkan alamat, telfon, dan email
Client : “Nama sama jabatannya juga..”
Saya : membesarkan nama dan jabatan
Client : “Logo perusahaannya juga ya..”
Saya : Mulai memberikan penjelasan, “kalau semuanya dibesarkan, semuanya akan kelihatan kecil..akan tampak penuh sesak dan tidak enak dilihat..”
Client : “Bukan, takutnya nanti tidak kelihatan..”

10 pt besar huruf di kartu nama tidak kelihatan..!?
Mungkin iya, kalo dilihat dari jarak 3 meter..

Paul Rand
Teman : “Logo apa ini?”
Saya : “Ini logo IBM, Paul Rand yg bikin, salah satu desainer logo paling terkenal di dunia.”
Teman : “Terkenal apanya!? logo kayak gini sih semua orang juga bisa bikin..”
Saya : Berlalu, tidak mengubris, karena kalau diladeni..bakal makan waktu berjam-jam….

Konsep
Client : “Saya mau buat desain logo neh untuk distro saya..”
Saya : “Ok, udah punya konsep sendiri atau mau saya yang buatkan konsepnya?”
Client : “Ini konsepnya..” Sambil menunjuk gambar sebuah pamflet clothing shop di luar negeri yang didapatnya dari internet. “Buat sama persis seperti ini..”
Saya : —@_@— konsep!?!?!?!

Kualitas Gambar
Client : “Saya punya gambar, bagus juga kalau dimasukkan ke desain” sambil menunjukkan gambar ukuran 100×100 pixel yang (lagi-lagi) nemu di internet. “Bisa dicrop kan backgroundnya?”

Huff…

Logo Vector
Saya : “Punya logo vector-nya Pak?”
Client : “Punya! Coba buka website perusahaan, dibagian atas ada logonya..”

Pertanyaan yang tidak perlu sebenarnya. 99 % klien tidak punya file vector untuk logo perusahaannya sendiri.

Cepat, Murah, dan Berkualitas (seperti beli gorengan)
Client : “Tolong desain brosur dong..butuh cepat ne, naik cetak sekarang! Bisa ya..??”
Saya : Berusaha menolong
Client : kembali lagi 30 menit kemudian, “Lho?? Kok simple gini desainnya!?”
Saya : Ngurut dada mencoba bersabar

Sepertinya sudah tabiat orang kita : pingin cepat, murah, dan berkualitas

Other Can Only Follow
Client : “Bikin seperti desain perusahaan xxx ya..” (Perusahaan xxx adalah perusahaan kompetitor bagi perusahaan si Bapak ini)

Sepertinya banyak yang tidak berani tampil beda ya??

Suatu waktu ketika revisi desain
Client : “Tolong ketebalan garisnya ditambah, jd 10 pt..”
Saya : menambah ketebalan garis dari 5 pt menjadi 10 pt
Client : “Tapi sepertinya terlalu tebal, kecilin aja jadi 7 pt”
Saya : mengecilkan tebal garis menjadi 7 pt
Client : “Terlalu tipis..naikkan sedikit jadi 9”
Client : “coba 8..”
Client : “7..”
Client : “9..”
Client : “8..”

Setelah 15 menit berkutat dengan ketebalan garis antara 7 pt dengan 10 pt…

Saya : “Saya tinggal sebentar ke toilet, nanti kalau udah ketemu tebal garis yang cocok, panggil aja..”
Client : mengangguk dan kembali fokus ke layar monitor

artikel diatas saya kutip dari sini
contoh yg ada diatas tersebut sudah cukup mewakili tingkah para client yg memang kadang bikin stress.

Yang merasa “client” dan membaca tulisan diatas anggap saja hanya curhatan designer, yang toh bukan menjadi hambatan anda untuk membuat kami “stress” kembali😀

Leave a Reply

Tag Cloud

